Penyakit Kawasaki Disease, Gejala dan Penyebabnya

Penyakit kawasaki (PK) atau kawasaki disease akhir-akhir ini menjadi perbincangan disemua kalangan, salah-satunya kalngan masyarakat, kalangan media, dan kalangan tenaga medis, termasuk dokter.

Penyakit kawasaki pertama kali ditemukan oleh Prof. Tomisaku Kawasaki, seorang dokter spesialis anak di jepang. Penyakit kawasaki ini adalah penyakit pada anak yang pada awalnya disebut sebagai sindrom mucocotaneous lymph node.

Penyakit kawasaki adalah penyakit yang biasanya ditemukan pada anak usia kurang dari 5 tahun, akan tetapi penyakit ini juga dapat menyerang yang lebih tua.

Penyakit kawasaki akan menimbulkan peradangan pada pembuluh daray yang berukuran kecil serta sedang.

Penyakit kawasaki ini bisa disembuhkan, meskipun harus diwaspadai karena bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya, seperti pelebaran pembuluh darah koroner jantung.

Gejala penyakit kawasaki :

Gejala tambahan yang menyertai penyakit kawasaki bisa berupa mual, muntah, sakit sendi, serta batuk-pilek.

Pemeriksaan laboratorium berupa urin, darah, EKG dan ekokardiografi untuk melihat pembuluh darah koroner jantung cukup penting untuk mendiagnosis penyakit kawasaki.

Penyebab penyakit kawasaki sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, sampai saat ini para ahli kedokteran berpendapat bahwa terjadi reaksi tubuh akibat infeksi virus atau bakteri.

Oleh sebab itu, beluma ada upaya yang bisa dilakukan oleh dokter ataupun orang tua untuk mencegah penyakit kawasaki ini. Diperkirakan penyakit kawasaki berhubungan dengan genetik dan etnis.

Silahkan baca artikel : obat anak kawasaki akibat virus