Manfaat Minyak Zaitun Untuk Anak

Minyak zaitun merupakan sumber lemak yang sangat baik untuk makanan pendamping ASI. Minyak zaitun bisa ditambahkan ke dalam makanan bayi beberapa tetes saja sejak bayi berusia 6 bulan.

Minyak zaitun ini tergolong tinggi kalori dan mengandung meonounsaturated fats atau lemak yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang buruk serta membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Dalam minyak zaitun terdapat kandungan fatty acids yang dapat ditemukan juga dalam ASI yang berfungsi untuk membantu anak tumbuh serta berkembang. Bagi ibu, konsumsi minyak zaitu ini dapat membantu menjaga kadar massa tulang.

Terdapat banyak vitamin dalam minyak zaitun ini seperti : Vitamin A, C, D, E, K, dan B Kompleks. Minyak zaitun merupakan sumber antioksidan yang kaya, sehingga sangat sesuai untuk menghindari tubuh dari penyakit jantung serta kanker. Sumber antioksidan ini bisa ditemukan lebih kaya lagi pada minyak zaitun yang Extra-virgin.

Manfaat minyak zaitun untuk anak ini bukan hanya sebatas menambahkannya pada makanan pendamping ASI saja. Apabila bayi mengalami ruam popok, maka bisa diobati dengan mengoleskan minyak zaitun ke bagian yang memerah. Akan tetapi para orang tua harus berhati-hati ketika menggunakan minyak zaitun ke kulit yang sensitif, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter anak.

Minyak zaitun ini didapatkan dengan cara memeras buah zaitun sampai mendapatkan ekstrak minyak alaminya. Minyak zaitun yang extra-virgin diperoleh dari perasan pertama ketika proses ekstraksi.

Panas tidak digunakan saat proses ini, begitupula bahan kimia. Karena extra-virgin olive oil dikategorikan minyak paling sehat untuk digunakan.

Sementara itu minyak zaitun tanpa embel-embel extra-virgin pada umumnya sudah melalui sejumlah proses, sehingga menghilangkan sebagian kadar nutrisinya. Ini bahkan termasuk minyak zaitun yang bertuliskan “pure” atau “refined”.

Untuk diberikan kepada bayi yang paling baik adalah extra-virgin. Cukup berikan 1/4 sendok makan kepada bayi perhari. Pemberian yang berlebihan tidak akan baik, karena bisa mengakibatkan diare.

Tambahkan juga minyak zaitun dalam sayuran kukus yang sudah di puree. Bisa juga dicampurkan ke kentang yang sudah direbus dan dihaluskan.

Perlu diingat, minyak zaitun terkadang bercita rasa tajam sehingga membuat anak kurang menyukainya. Pilihlah minyak zaitun dengan aroma dan rasa yang lebih ringan supaya mudah disukai anak.