Gejala dan Penyebab Kolera

Kolera adalah jenis penyakit infeksi akut yang diakibatkan oleh konsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri bernama vibrio cholerae. Penyakit ini bisa menyerang usus sehingga bisa mengakibatkan penderita mengalami diare yang cukup parah.

Apabila penyakit kolera ini tidak segera ditangani seperti dengan konsumsi obat anak kolera atau dengan pertolongan medis, maka sangat dikhawatirkan bisa mengakibatkan penderita mengalami dehidrasi dan bahkan bisa berakibat kematian.

Bakteri ini akan mulai bereaksi 5 jam sesudah penderita konsumsi makanan yang sudah terinfeksi bakteri vibrio cholerae, perkembangannya sangat cepat sehingga penyakit ini harus diwaspadai.

Tanda dan gejala penderita sudah terjangkit penyakit kolera adalah sebagai berikut :

Sangat diperlukan terapi dehidrasi sesegera mungkin bagi para penderita penyakit kolera untuk mencegah penyakit kolera semakin parah. Apabila gejala dehidrasi tidak segera diatasi, maka bisa mengakibatkan mengalami shok dan bisa berisiko kematian.

Bakteri vibrio bisa berkembang biak dalam air yang kotor, sehingga bakteri jenis ini bisa masuk kedalam tubuh melalui perantara makanan dan minuman yang terdeteksi adanya bakteri tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sering terkontaminasi oleh bakteri vibrio :