Bahaya Kesehatan Anak Dari Kebiasaan Buruk Orang Tua

Kebiasaan buruk orang tua ini yang terkesan sepele, namun sangat berdampak buruk bagi kesehatan anak.

Apa saja bahaya kesehatan anak dari kebiasaan buruk orang tua?

[1.] Malas untuk cuci tangan sebelum menyiapkan dan memberikan makan
Yang namanya menyiapkan makanan bag anak memang sangat repot sekali, sehingga tidak jarang para orang tua lupa atau malah malas untuk cuci tangan sampai bersih sebelum menyiapkan dan memberikan makan pada anaknya.

Bahaya kesehatan anak dari kebiasaan buruk orang tua ini akan membuat kuman yang ada pada tangan orang tua pindah ke tubuh anak serta menjadikannya sakit.

[2.] Orang tua perokok yang menggendong dan mencium anaknya
Ada banyak sekali orang tua (bapak) perokok yang sesudah pulang kerja masih bau rokok, dan ketika sampai dirumah ingin mencium anaknya, sehingga udara pada napas yang dikeluarkan masih mengandung zat dari asap.

Bahaya kesehatan anak dari kebiasaan buruk orang tua ini akan membuat anak sering batuk ketika berdekatan dengan orang tua (bapak) perokok.

[3.] Mencium anak ketika sedang flu
Ketika flu menyerang orang tua baik itu bapak atau mama, maka itu akan menjadi sumber penularan pada anak. Terkadang orang tua yang flu ini sangat ingin sekali berdekatan dengan anak dan menciumnya.

Bahaya kesehatan anak dari kebiasaan buruk orang tua ini akan membuat anak tertular. Dimana penularan flu ini melalui percikan ludah ataupun bersin yang terhirup oleh orang lain.

[4.] Memberikan madu pada bayi dibawah 1 tahun
Pastinya sudah pada tahu bahwa madu ini mempunyai berbagai macam khasiat luar biasa untuk kesehatan. Sehingga tidak jarang banyak orang tua yang memberikan madu pada bayinya dengan maksud supaya semakin sehat.

Akan tetapi pemberian madu pada bayi dibawah usia 1 tahun tidak dianjurkan, karena mempunyai risiko masuknya spora dari kuman Clostridium botulinum serta bisa berakibat gangguan syaraf yang berat.

Bahaya kesehatan anak dari kebiasaan buruk orang tua ini akan membuat saluran cerna tidak sempurna sehingga tidak bisa menahan dampak dari spora.

[5.] Membuat susu formula dengan air hangat dari dispenser
Karena praktis sehingga tidak jarang para orang tua melarutka susu formula dengan menggunakan air hangat dari dispenser. Asumsinya yaitu air hangat sudah cukup untuk melarutkan susu secara merata dan tidak perlu sampai mendidih.

Namun membuat susu formula yang benar yaitu dengan menyediakan air panas yang mendidih, lalu mendiamkannya dalam beberapa saat sekitar 15 – 20 menit sampai suhu turun, diatas 700C. Sesudah itu masukkanlah air panas kedalam botol susu, selanjutnya masukkan bubuk susu formula sesuai takaran, dan aduk secara perlahan hingga merata.

Alasan mengapa tidak bole dengan air dari dispenser karena panas yang dihasilkan sering kali tidka mencapai suhu diatas 700C.

Bahaya kesehatan anak dari kebiasaan buruk orang tua ini yaitu adanya bakteri dalam bubuk susu formula yang tidak mati, sehingga menjadi sumber penyakit bagi anak.

[6.] Meniup dan mengunyah makanan sebelum diberikan ke anak
Ada banyak sekali orang tua yang mempunyai kebiasaan meniup dan mengunyah makanan sebelum diberikan kepada bayinya, tujuannya yaitu supaya lebih mudah ditelan oleh bayi atau anak.

Makanan yang akan diberikan kepada anak terlebih dahulu dimasukkan kedalam mulut orang tua, lalu dikunyah sampai lumat, setelah itu dikeluarkan lagi dari mulut serta diberikan pada bayi atau anak.

Dari sisi kebersihan ini tidak bisa dibenarkan, karena bagaimanapun rongga mulut seseorang terkandung berbagai kuman, yang apabila diberikan pada bayi akan menyebarkan penyakit.

Adapula yang sebelum menyuapkan makanan pada anaknya, makanan tersebut ditiup – tiup dahulu.

Bahaya kesehatan anak dari kebiasaan buruk orang tua ini akan menyebabkan berbagai kuman masuk kedalam tubuh anak.